KangHusains- Dengan semakin massive-nya penggunaan teknologi digital saat ini, tak ayal membuat semua orang baik mulai perorangan, lembaga, maupun instansi pemerintahan mau tak mau harus mengikuti perkembangan teknologi yang berkembang saat ini. Hal ini sejalan dengan semangat untuk mencerdaskan anak bangsa, yang mana jangan sampai kita menjadi bangsa yang tertinggal hanya karena kurang update dalam hal penggunaan teknologi informasi.
Kementerian Agama melalui Dirjen Pendidikan Islam merespon hal tersebut dengan sangat baik. Yakni mampu menghadirkan sebuah aplikasi yang mana, aplikasi tersebut sudah berbasis daring atau online. Terobosan tersebut berupa telah di launching-nya Aplikasi Raport Digital bagi insan madrasah. Aplikasi ini bertujuan untuk mengakomodir pembuatan raport ditingkat masing-masing lembaga sesuai dengan tingkatnya, dengan sistem berbasis online yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja.
Baca Juga : Cara Aktivasi Aplikasi Raport K13 (by Anang Sugiono, M.Pd.)
Selain itu, juga untuk meningkatkan kemampuan personal guru dalam bidang komputer. Agar seorang guru tidak hanya cakap dalam mengajar, tetapi juga terampil dalam memanfaatkan teknologi. Agaknya hal ini menjadi sebuah keniscayaan, pasalnya guru dituntuntut profesionalitasnya dalam menguasai berbagai bidang disiplin ilmu. Jika seorang guru tidak menguasai teknologi (red. komputer), maka hal ini akan menyulitkan dirinya sendiri dikemudian hari.
ARD (Aplikasi Raport Digital)
Melalui Surat Edaran Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama aplikasi ini dapat diakses pada link http://sikurma.kemenag.go.id/ard/ selanjutnya dapat memilih sesuai jenjang yang diinginkan. Surat Edaran tersebut dapat di unduh DISINI
Aplikasi ini dapat diakses langsung melalui link url yang spesifik dibawah ini :
- MI : http://159.89.195.36/rapor-mi/
- MTs : http://159.89.195.36/rapor-mts/
- MA : http://159.89.195.36/rapor-ma/
Aplikasi ini mempunyai fungsi-fungsi yang harus diketahui, yaitu;
- aplikasi ini dibagi menjadi 2 fungsi akun pengguna; 1. Operator 2. Guru
- Akun operator bertugas; melakukan konfigurasi, Data Madrasah, Mata Pelajaran, Ekstrakurikuler, Membuatkan akun untuk guru-guru dan lain sebagainya.
- sedangkan akun guru bertugas membuat nilai KKM, bobot nilai, serta penilaian sehari-hari bagi siswa.
Aplikasi raport ini diharapkan akan menjadi jembatan antara lembaga madrsah dan instansi pemerintah untuk menyampaikan data secara cepat, akurat, dan akuntabel. Semoga saja aplikasi ini dapat berjalan dengan lancar selancar mengerjakan Simpatika.
Demikian sobat sains, informasi tentang ARD (Aplikasi Raport Digital) semoga bermanfaat. Nantikan ulasan dan tutorial cara mengerjakan ARD pada postingan selanjutnya.
0 Comments